Tuesday, July 11, 2017

Cara Membuat Flashdisk bootable dengan Windows melalui CMD


Hai sobat brainword21 :D Kali ini saya akan membagikan Cara / solusi bagaimana cara membuat flashdisk kalian menjadi bootable untuk melakukan install ulang.

Nah bagi kalian yang sudah search di mesin pencarian terbesar di dunia, dan menemukan halaman ini. Pastinya kalian sudah tau kan apa itu bootable? Dan pasti kalian ingin menginstall ulang Windows kalian. Nah di blog kami ini, tersedia secara lengkap bagaimana caranya agar kalian bisa menginstall ulang windows kalian sendiri tanpa harus keluar biaya. Pasti maukan? Dijaman yang canggih ini semuanya hampir bisa dilakukan sendiri. Sangat mudah mendapatkan informasi yang kita inginkan dari Internet yang sangat luas ini. So, manfaatkan lah semaksimal mungkin fasilitas internet yang kamu punya. 

Oke langsung saja ke topiknya ya.. Maaf nulis panjang lebar diatas.. Sebenarnya saya juga tidak suka membaca text awal yang ditulis pada forum-forum blog lainnya.. Langsung menuju to the point saja. Tapi ini karena saya baru vacum tidak "bloging" selama hampir satu tahun. Jadi maaf kalau ingin mengeluarkan isi dalam pikiran saya. hehe..

Cara Membuat Flashdisk Bootable untuk Windows dengan menggunakan CMD :


Hal yang perlu disiapkan :

1. Flashdisk dengan storage 8 giga. (Karena untuk berjaga-jaga saja.. Sebab ukuran windows terkadang bisa sampai 4,5 giga)
2. CD / File Windows 7/8/10 tentunya. (Bisa sobat dapatkan di blog kami ini secara free)
3. Dan yang terakhir Laptop atau Netbook 

Langkah-langkahnya :
Tutorial:
Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Lewat CMD Tanpa Software
Masukkan flashdisk dengan minimal space 8GB atau lebih yang masih kosong karena akan dijadikan bootable flash disk.

Buka Command Prompt dengan cara klik [Start] dan ketik [CMD] dalam kotak search lalu tekan [Enter]. Alternativelain adalah melalui ; Start >All programs>Accessories> klik kanan pada Command Prompt dan pilih [run as administrator].
Di jendela Command Prompt ketik: DISKPART lalu klik [Enter],
Ketik : LIST DISK lalu klik [Enter].
Ketik : SELECT DISK 2 lalu klik [Enter], (nomor 2 adalah sesuai nomor flash disk kalian )
Ketik : CLEAN lalu klik [Enter],
Ketik : CREATE PARTITION PRIMARY lalu klik [Enter],
Ketik : SELECT PARTITION 1 lalu klik [Enter],
Ketik : ACTIVE lalu klik [Enter],
Ketik : FORMAT FS=FAT32 lalu klik [Enter], (mohon sabar karena proses format akan memakan waktu beberapa puluh menit baru kalian ketik perintah selanjutnya)
Ketik : ASSIGN lalu klik [Enter],

Ketik : EXIT lalu klik [Enter],


Kemudian silahkan kalian copy semua isi file Windows ke USB. Jika windows masih dalam format ISO kalian ekstrack dahulu menggunaka winrar, lalu copykan semua file tersebut kedalam flashdisk kalian.

Catatan:
Jika sudah sampai pada proses Clean muncul pesan error : 
DiskPart has encountered an error : Access is denied.
See the System Even Log for more information. (Seperti gambar dibawah)



Maka kalian harus memulai proses pembuatannya dari awal lagi.

















Nb : Langkah tersebut bisa kalian lakukan untuk Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. 



Terimakasih telah berkunjung. Silahkan bagi yang belum paham tinggalkan komentar dibawah. Dan bagi yang suka. Silahkan untuk Share info ini di social media kalian ya. Supaya teman kalian tahu cara bootable yang simple dan tidak perlu waktu lama.
Untuk kedepannya saya akan menulis langsung to the pointnya saja.. So? Carilah segala informasi yang kamu butuhkan tentang dunia IT di blog kami ya sobat.. Terimakasih..

Keyword lainnya :

Cara Membuat Flashdisk Bootable untuk Windows dengan menggunakan CMD | Cara membuat Flashdisk menjadi bootable tanpa software | Cara membuat bootable Flashdisk dengan CMD

Sumber : Klik disini

1 comment: